Rekor Pernikahan yang Tercatat di Muri



Catatan Rekor-Rekor Pengantin di Muri
(dikutip dari BMTK halaman 34-37)

Pasangan paling lestari: Pasangan Pak Madrupi & istri, sudah menikah 85 tahun lebih (data tahun 1986).

Pengantin tertua: Pak Nimrot Ufi & Ibu Sarah Tob yang menikah di Soe, Nusa Tenggara Timur. Saat menikah usia Nimrot 97 tahun, Sarah 105 tahun.

Pasangan yang menikah dengan pengapit kembar terbanyak: Agus Sudiono dengan Susiani (pengapit 13 orang => 5 pasang kembar 2, 1 pasang kembar 3).

Pasangan yang mencetak undangan berbentuk unik (kubus) dengan 6 bahasa berbeda di ke-6 sisinya: Hendry Filcozwei Jan dengan Linda. Bahasa yang digunakan: Indonesia, Tionghua, Inggris, Perancis, Jerman, & Pali. Pemberkatan pernikahan di Vihara Vipassana Grha, Lembang pada hari Kamis, 20 Maret 2003 (2003 2003). Pesta pernikahan berlangsung di Berlian Ballroom, Hotel Holiday Inn, Bandung pada hari Minggu, 01 Juni 2003.

Pasangan unik: Kembar menikah dengan kembar: Suhardi dengan Ikawati Handayani sedang Suharjo dengan Dwiyani Handaniwati. Mereka menikah di Yogyakarta pada 25 Oktober 1997.

Pasangan unik: Kakak adik menikahi adik kakak: Renno Haryo Wiweko, S.T. dengan Juvita Revianty S.Sos sedang Ranuditte, S.T. dengan Evellyn Mustika, S.E. Mereka menikah di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan pada tanggal 21 Juli 2002. Renno kakak, Ranu adik. Vita adik, Evellyn kakak.

Undangan pernikahan terbesar: Undangan pernikahan Susi Susanti dengan Alan Budikusuma yang berukuran panjang 9 meter, lebar 3 meter karya Hartono Wibowo yang dipamerkan di Mega Mal Pluit, Jakarta 20-24 Agustus 1997.

Pemrakarsa pesta pernikahan dengan MC terbanyak: Dr. RMA Sudi Yatmana (15 MC). Pesta pernikahan ini berlangsung di Gedung Taman Raden Saleh, Semarang.

Gaun pengantin terpanjang karya Eva Bun (panjang 45 meter). Dipamerkan di Mega Mal Pluit Jakarta pada 20-24 Agustus 1997.

Pasangan langka: Suami, istri, & anak lahir pada tanggal & bulan yang sama: Kel. Pak Brian Saputra. Mereka lahir pada tanggal 12 Agustus. Seorang lagi anaknya, hanya berselisih 1 hari (lahir pada 13 Agustus).


Rekor-rekor pernikahan/ pengantin lain di antaranya:

Pelepasan layang-layang terkecil (1x1,5 cm) di dalam ruang resepsi pernikahan, rangkaian mawar hidup terbanyak, 1715 mawar hidup yang diserahkan ke para mempelai, dengan dekorasi pelaminan seluas 1850 m², resepsi pernikahan dengan dekorasi mobil, motor antik/ gokart terbanyak (55 buah) plus penampilan musik orkestra adalah rangkaian acara pada pesta pernikahan Anthony Steven Hambali dan Elisabeth Devina Prayitno (Toni & Lisa) di Kutoharjo. Tercatat 4 rekor dari pesta pernikahan ini.

MC pernikahan terbanyak. Dalam acara pernikahan anak dari DR. RMA. Sudiyatmana (Maria Agnes Punjung Vocalize dengan Nicholas Bekti Agung Wibowo), beliau memecahkan rekor sebelumnya yaitu pernikahan dengan MC terbanyak, 15 MC menjadi 45 MC. Acara berlangsung di Aula St. Athanaius Agung – Semarang pada tanggal 22 Mei 2005.

Souvenir permohonan pernikahan berupa miniatur kapal selam TNI - AL terbanyak. Dalam rangka pernikahan Jijin & Ruben, 14 Mei 2005 di Malang, Kol. (Purn.) TNI AL. FX Soewardjono Somosih dibantu oleh 4 orang pembuat souvenir membuat souvenir berupa maket/ miniatur kapal selam TNI – AL yaitu type U 209-U 206 EX. Jerman Barat sebanyak 1.001 buah dengan perbandingan ± 1 : 5000 yang terbuat dari bahan kayu. Souvenir ini dibagikan kepada tamu yang hadir. Lama waktu pembuatan memakan waktu ± 40 hari kerja. Penyerahan piagam berlangsung pada tanggal 14 Mei 2005 di Malang.

Dekorasi balon terbanyak. Pernikahan Lukas Tjong Fue Siang (Fu Siang) dan Emmanuela (Neneng) di Jogja Expo Center (JEC) Jalan Janti, Yogyakarta pada Minggu, 15-05-2004 menghadirkan dekorasi balon yang fantastis. Dekorasi dengan 76.000 balon itu mampu mengubah suasana dalam gedung layaknya taman bunga nan indah. Dekorasi balon ini tercatat di Museum Rekor Indonesia (Muri).

Mobil dibalut foto pengantin. Pada pernikahannya, pasangan pasangan Yockie dan Lily, mengendarai mobil bergambarkan foto diri mereka berdua. Tidak tanggung-tanggung, seluruh pasangan asal Yogyakarta yang menikah pada Januari 2006 menghiasi seluruh bodi mobil Honda Stream mereka dengan foto pernikahan. Hasil kerja keras mereka diakui pihak Muri sebagai rekor.

Ucapan pernikahan terbanyak dalam pada satu karangan bunga. Rekorisnya: Abu Gorda (anggota DPRD dari Fraksi PDIP Sukoahrjo) dan Ganis Kristikasari. Rekor sebelumnya PT Batik Semar Solo sebanyak 414 ucapan, kali ini terpecahkan dengan 641 ucapan dalam 1 karangan bunga. Resepsi pernikahan berlangsung Sabtu (15-09-2012) di Auditorium Univet Bantara Sukoharjo. Bingkai ucapan tersebut berukuran 5 x 7,5 meter dipajang di pintu masuk auditorium. Nomor rekor:  No.5571/R.MURI/IX/2012.


Pelaminan terpanjang: 325 meter. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Pemprov DKI, dan BRI Syariah mengadakan pernikahan massal di lapangan Monas, Jakarta dengan tajuk "Wedding on the Street" pada Minggu, 15 Juli 2012. Pasangan yang menikah ada 400 pasang dari keluarga tidak mampu. Acara ini tercatat sebagai rekor Muri.

Foto pernikahan terbesar dan pengiring pengantin terbanyak. Pernikahan Nassar dan Muzdalifah pada Rabu, 27 Juni 2012 tercatat di Muri dengan rekor foto pernikahan terbesar (xxx meter) dan pengiring pengantin terbanyak (133 orang). Pernikahan yang bertajuk "1001 Malam" di
Gedung Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara ini diperkirakan menghabiskan dana lebih dari 4 miliar dan dihadiri sekitar 4.000 tamu undangan. Pesta ini dipandu 4 MC terkenal: Raffi Ahmad, Olga Syahputra, Ramzi, dan Deswita Maharani.



Pernikahan Merah Putih. Pada pernikahan Christian S., SE dan Vera, SE dilakukan pembentangan bendera merah putih oleh 66 pasang putra-putri dengan busana adat dari 33 provinsi. Hal ini tercatat sebagai rekor Muri. 

Resepsi Pernikahan dengan Air Mancur Coklat Tertinggi. Pernikahan Harry Wahyudi dan Diana Sari yang bekerjasama dengan d’Fontaine dan Fun’n Creative EO mencatatkan rekor Muri: resepsi pernikahan dengan air mancur coklat tertinggi: 4,10 meter. Pernikahan ini berlangsung pada 03 Mei 2009 di Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara.


Hotel Bintang 4 yang Menyelenggarakan Acara Pernikahan Terbanyak. Dalam rangka Bidakara Wedding Expo, Hotel Bidakara bekerja sama dengan Manten House berhasil tercatat di Muri atas rekor hotel bintang 4 yang menyelenggarakan acara pernikahan terbanyak, 588 acara dalam kurun waktu 3 tahun (dari tahun 2006-2009). Penyerahan piagam Muri berlangsung di Jakarta pada 28 Juni 2009.


Panggung Resepsi Pernikahan Terbesar. Pasangan Karno Panggung dan Pasangan Hany dan Andre bersama Karno Panggung berhasil membuat panggung resepsi pernikahan terbesar, seluas 10.485 m2. Pernikahan Hany dan Andre berlangsung di Grand Candi Hotel, Semarang pada 12 Februari 2010.


Dekorasi Pernikahan dengan Plafon Kubah Terbanyak. Joy Decoration Semarang (Johan Tjahyono,B.G.S dan Selvy Santoso,B.Sc sebagai pemilik serta art direktur Joy Decoration kembali tercatat di Muri atas rekor berhasil membuat dekorasi pernikahan dengan plafon kubah terbanyak, 5 buah dari acrylic dan kristal kaca pada  ketinggian 25 meter di pernikahan Adi dan Ike pada 07 Februari 2010 di PRPP Merbabu Ballroom Semarang.

Pembuatan Undangan Pernikahan dengan Penulisan Kata Undangan dan Kata Cinta dalam Bahasa Terbanyak, Undangan 41 Bahasa dan I Love You 49 Bahasa. Dalam rangka pernikahan Armand Setiawan, B.Bus,M. Prof. Mrktg dan Olivia Hadisumadewi berhasil dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain: Pembuat desain dengan kalimat produktif dan kreatif terbanyak, 6.000 desain dalam waktu 30 tahun, pemasangan renungan masyarakat di media terlama, 26 tahun. Kegiatan berlangsung di Denpasar pada 08 Mei 2010.


Resepsi Pernikahan dengan Kirab Pengantin Menggunakan Kereta Kencana Terbesar. Pasangan pengantin Elizabeth Bernadetta Dayu Putri Anggraeni dan Ignasius Damian Awan Rahargo bersama Drs. Djaetun, HS menyelenggarakan resepsi pernikahan dengan kirab pengantin menggunakan kereta kencana terbesar, tinggi 3,5 meter; panjang 5,5 meter ditarik oleh 15 kuda menempuh jarak 6 km. Kegiatan berlangsung pada 15 Mei 2010 di Klaten.

Prosesi Pernikahan dengan Tema Penggunaan Limbah Non B3 (dekorasi dan kostum pengantin dan Panitia). Bertepatan dengan hari lingkungan hidup, PT. Pertamina (persero) Refinery Unit IV Cilacap bekerja sama dengan lembaga kursus dan pelatihan  ‘Bu Nandang’ menggelar acara unik prosesi pernikahan dengan tema penggunaan limbah non-B3, asesoris berupa kostum pengantin (Ema Masitoh dan Eko Adi Susanto), para pendamping, dan panitia menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan sampah.  Kegiatan berlangsung pada 05 Juni 2010 di Cilacap.


Pesta Pernikahan dengan Fotografer Terbanyak (71 fotografer). Pasangan Ahmad Antoni dan Rr. Retno Anggorowati bersama Mata Semarang Fotografi menggelar lomba foto bertajuk "Candid in the Wedding" dalam pesta pernikahan Antoni dan Retno. Acara ini mencatatkan rekor sebagai pesta pernikahan yang dibadikan oleh fotografer terbanyak yakni 71 fotografer. Pesta pernikahan ini berlangsung di Alamanda Resto di Jl Setiabudi (Taman Tabanas Gombel) Semarang pada 29 April 2007 pukul 13.00 WIB. 

Kartu Undangan Pernikahan TerbesarDalam rangka Wedding & Birthday Party Fair di Sidoarjo, Evan Cards membuat kartu undangan pernikahan terbesar dengan ukuran 10 meter x 4 meter.

Penulis Buku sebagai Souvenir Pernikahan Pertama. Hendry Filcozwei Jan dan Linda adalah pasangan yang menulis dan mencetak buku “Buku Mini Tanda Kasih” sebagai souvenir pernikahannya untuk para tamu undangan.

Pesta Pernikahan yang Keseluruhan Acaranya Kegiatan Berkesenian. Pada pernikahan putranya Ignatius Igor Rahmanadi dengan Letty Surjo di Magelang, sebagai seorang pecinta seni Dr. Oei Hong Djien menggelar acara pernikahan yang melibatkan ratusan seniman, pameran lukisan, dan seni instalasi, yang semuanya bisa diperjualbelikan.


Pernikahan dengan MC Terbanyak. Dr. RMA Sudiyatmana menyelenggarakan pesta pernikahan Maria Agnes Punjung Vocalize dengan Nicholas Bekti Agung Wibowo, pada bulan Mei 2005 di Semarang, disemarakkan dengan partisipasi 45 orang Master Ceremony (MC).

Pernikahan Saudara Kandung pada Waktu dan Tempat yang Sama. Pernikahan 3 saudara kandung yaitu Irawati, Eunike dan Lydia, terjadi pada waktu dan tempat yang sama. Irawati Paulina, SE menikah dengan Ayub Ketjuk, Eunike Chintia menikah dengan Timotius Yason, SE dan Lydia Sugianto, SE menikah dengan Hartono G. Pernikahan tersebut berlangsung tanggal 10 Agustus 2004, di Surabaya. Rekorisnya Pdt. Yesta Hadi Sugianto, STh.

Perayaan Pernikahan 3 Generasi. Resepsi pernikahan 3 generasi ini merupakan peristiwa unik. Ada perayaan pernikahan dari Hermawan Sutantio dan Ibu Belinda. Lalu ada perayaan pernikahan perak dari Bpk. & Ibu Heru Sutantio (orangtua dari Hermawan S.) dan sekaligus perayaan pernikahan emas dari Bpk. dan Ibu Sutantio (kakek dan nenek dari Hermawan S). Rekorisnya Bpk. & Ibu Heru Sutantio.

Pernikahan Massal Multiagama dan Multietnis Terbesar. Pernikahan massal multiagama dan multietnis terbesar ini yang berjumlah 4.541 pasangan ini berlangsung di Istora Senayan, Jakarta (19-07-2011), berhasil pecahkan rekor Indonesia dan rekor dunia. Lembaga pencatat rekor dunia dari Inggris yaitu Royal World Record dan Museum Rekor Indonesia (Muri) memberikan apresiasi atas kerukunan antar-agama dan etnis dalam sebuah acara pernikahan terbesar ini. Acara pernikahan massal bertajuk "Pernikahan Masyarakat Prasejahtera Lintas Agama 2011" ini diselenggarakan oleh Yayasan Pondok Kasih, Dinas Sosial DKI Jakarta dan Tim Penanggulangan Kemiskinan Pemprov DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Stasiun Televisi B Channel. 

Mereka berasal dari berbagai suku, agama, dan etnis. Penampilan mereka juga menarik, ada yang memakai baju daerah hingga pakaian kebaya khas Indonesia. Adapun peserta termuda berusia 16 tahun, yang tertua 86 tahun. Dan pasangan yang melakukan nikah massal tersebut terdiri dari 3.112 pasangan beragama Islam, 1.021 pasangan beragama Kristen Protestan, 96 pasangan beragama Katolik, 25 pasangan beragama Buddha, 12 pasangan beragama Hindu dan 8 pasangan beragama Konghucu. 

Pernikahan di Atas Ice Skating Pertama. Pasangan Melani S. Hananta dan Henry Nelwan adalah skater handal yang telah mendapatkan penghargaan tingkat internasional. Upacara pernikahan mereka dilangsungkan di area ice skating dan dimeriahkan dengan para skater yang bertindak sebagai pengiring pengantin dan MC.


Pernikahan dengan Prosesi Ijab Kabul di atas Kapal. Rekoris: Ravvit Super & Pemerintah Kota Palembang Di Palembang, diperairan sungai Musi, di atas kapal pesiar “Si Gentar Alam Pesiar”, 50 pasang calon pengantin melakukan ijab kabul dinikahkan oleh 7 orang penghulu.

Dekorasi Pernikahan Tertinggi. Rekoris: Empire Palace; David Sunarto, SE & Wenny Anggraini, S.Sn dan Ari Decoration. David Sunarto,SE & Wenny Anggraini, S.Sn bekerjasama dengan Empire Palace dan Ari Decoration dalam rangka pesta pernikahan pada hari Minggu tanggal 26 Oktober 2008 membuat dekorasi pelaminan tertinggi dengan konstruksi 3 level dengan ukuran 12 meter dari lantai serta memiliki tiga buah lantai yang keseluruhannya dapat dinaiki, dekorasi ini dibangun dengan menggunakan lebih dari 1500 buah konstruksi besi. Kegiatan berlangsung di Surabaya pada tanggal 26 Oktober 2008.

Resepsi Pernikahan dengan Foto Prewedding terbanyak. Rekoris: Sandy dan Melisa Tanudirjo (pengantin) Sandy & Melisa Tanudirjo berhasil tercatat di Muri atas rekor sebagai penyelenggara resepsi pernikahan dengan foto prewedding terbanyak di 10 negara (Russia, Swedia, Finlandia, Denmark, Norwegia, Singapore, Macau, Hongkong, Indonesia (Lombok), Dubai. Kegiatan berlangsung pada 06 Desember 2008 di Hotel Sangri-La Ballroom Surabaya.


Resepsi Pernikahan dengan Menyajikan Makanan Nusantara Terbanyak. Dalam acara resepsi pernikahan Marico Bawi dan Ahmad Zakaria, PT Fatahillah Tour Mandiri (Fata Tour), Akademi Pariwisata Indonesia (Akpindo), dan Museum Indonesia TMII akan menyajikan makanan Nusantara terbanyak, 66 masakan dari 33 Provinsi (1 provinsi 2 jenis masakan). Kegiatan berlangsung pada 03 April 2011 di Jakarta. 

Resepsi Pernikahan yang Diselenggarakan di Dua Alam (Darat dan Air). Pernikahan Farid Nahdi dan Kristina bertema "Pesta Dunia Air, Kebahagiaan Bagi Semesta" diselenggarakan di kolam renang Jatidiri Karangrejo Semarang pada tanggal 09 Oktober 2010. Pasangan pengantin Farid dan Kristina menyelenggarakan acara ijab kabul di dalam air kemudian dilanjutkan resepsi perkawinan di darat. 

Pernikahan Dibawah Laut dengan Peserta Terbanyak. Dalam rangka pelaksanaan puncak kegiatan sail Wakatobi-Belitong yang berlangsung pada tanggal 23-28 Agustus 2011 di Kabupaten Wakatobi, pemerintah kabupaten Wakatobi (Ir. Hugua, Bupati Wakatobi dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi) menyelenggarakan kegiatan pernikahan di bawah laut dengan peserta terbanyak, 20 pasang. Kegiatan berlangsung pada 24 Agustus 2011 di Wakatobi. 

Prosesi Pernikahan Tradisional dengan Variasi Unsur 11 Terbanyak (25 Variasi). Senthun Bhima Nugraha selaku pemangku hajat di Jakarta, menyelenggarakan resepsi pernikahan tradisional unik 11.11.11 dengan unsur 11 terbanyak, 25 Variasi. 

Prosesi Pernikahan Modern dengan Variasi Unsur 11 Terbanyak (25 Variasi). Pasangan Soenarto dan Sintyawati bekerja sama dengan Focus Group (All Partners of The Grand Weeding) menyelenggarakan  resepsi pernikahan modern unik serba 11.11.11 dengan 25 variasi unsur 11. Resepsi digelar di Imperial Ballroom Surabaya.

Pernikahan dengan Vendor Terbanyak. Di The Luxus 10th floor MGK Jakarta pada resepsi pernikahan Servius Joy Chandra & Meiliani bersama Joy Catering tanggal 09 Desember 2011 menggunakan 105 vendor. 

Undangan Pernikahan dari Payung Kertas Terbanyak. Hotel Bidakara Jakarta, Manten House, dan Domino Wedding Card berhasil membuat 250 undangan pernikahan dari payung kertas dalam rangka Pameran Pernikahan Bidakara Wedding Expo 7 di Jakarta.

Resepsi Pernikahan pada lokasi Terluas, dengan Tenda Terbesar. Andy Nofendri, BBA, MBA (putra sulung dari pasangan Bpk. Drs. H. Aznur Affandi, MBA) dan Derirosa Amelia, SE,MM. (putri sulung dari pasangan Bpk. H. Ruslan Malik, SE.) melangsungkan pernikahan di Jl. Penghijauan No. 51A Pekanbaru pada tanggal 30 Maret 2012 memakai lahan seluas 5 hektar dengan tenda berukuran 2500 m². 



Sumber: aneka situs di internet.
Data lain sedang dikumpulkan: ada yang gedung pernikahannya full dihiasi foto pengantin (Bandung), dan masih banyak lagi... Tunggu saja...



0 comments: